Obyek wisata Yeh Pulu terletak di tengah persawahan di lingkungan Batulumbang, desa Bedulu, kecamatan Blahbatuh, kabupaten Gianyar, lebih kurang 7 Km dari Kota Gianyar. Nama Yeh Pulu berasal dari adanya sebuah mata air yang mengalir melalui sebuah periuk yang dibuat dari batu padas berbentuk sebuah guci yang dinamakan pulu.

Air yang berada di dalam pulu tersebut kemudian keluar mengalir ke dalam sebuah kolam dikelilingi tembok sebagai pembatasnya. Air kolam Yeh Pulu tersebut disucikan karena diambil dan digunakan hanya untuk kepentingan upacara keagamaan. Oleh karena hanya berfungsi untuk upacara keagamaan, maka masyarakat menamakannya Toya Pulu atau Tirtha Pulu. Selain itu, Yeh Pulu dilengkapi dengan bangunan suci sehingga disebut Pura Yeh Pulu.

Obyek purbakala Yeh Pulu merupakan sebuah pertapaan yang diduga berasal dari abad ke- 14-15, berdasarkan bentuk dan motif hiasannya. Bentuk tokoh dipahat serba kaku dan menggunakan motif hiasan dedaunan atau papatran serba ikal. Pertapaan Yeh Pulu tersebut terdiri dari dua buah Ceruk pertapaan dilengkapi dengan serangkaian relief yang terdiri dari lima adegan.

PETA YEH PULU :


Lihat Peta Lebih Besar


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha

Tag :  
yeh pulu