Tirta Gangga

Tirta Gangga

Tirta Gangga dulunya adalah taman air kerajaan Karangasem, objek ini adalah salah satu dari sekian objek wisata yang terkenal di Karangasem. Tempat wisata ini tak hanya ramai dikunjungi wisatawan asing, namun wisawatan domestik juga ramai mengunjungi Taman air ini. Suasana alamnya yang asri dan sejuk memperkuat kesan alami yang menjadikannya sebagai tujuan utama tempat wisata di Bali.

Lokasi Taman Air Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah taman air yang berlokasi di desa Ababi, kecamatan Abang Kabupaten Karangasem di timur Pulau Bali dengan memerlukan waktu 2 jam perjalanan jika anda berada di daerah Denpasar. Tirta Gangga berlokasi di tengah areal persawahan. Kawasan Tirta Gangga ini merupakan kawasan yang sejuk dan asri, karena terletak dibawah kaki Gunugn Agung. Luas area taman ini sekitar 1,2 hektar yang memanjang dan membentang dari arah timur ke barat.

Sejarah Taman Air Tirta Gangga

Objek wisata Tirta Gangga ini merupakan warisan dari Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh Raja Karangasem yaitu Anak Angung Ngurah Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Nama Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang berarti air suci dan “Gangga” yang diambil dari nama Sungai di India yaitu “Sungai Gangga” . Kurang lebih 20 tahun taman ini didirikan, komplek Taman Tirta Gangga ini hancur yang disebabkan oleh letusan Gunung Agung tepatnya pada tahun 1963. Akan tetapi pemerintah Karangasem kembali membangunnya untuk dijadikan kawasan objek wisata di Karangasem.

Baca juga paket tour 3 hari 2 malam + tiket pesawat

Apa Saja yang ada di Tirta Gangga & Keunikannya

Ada tiga hal utama yang ada di Taman Tirta Gangga: kebun,kolam air,dan patung. Air yang ada di taman ini berasal dari mata air Rejasa. Mata air Rejasa memiliki jumlah air yang sangat besar,jernih,dan menyejukkan. Sepertiga dari pasokan mata air Rejasa dikirim ke rumah penduduk di Kota Amlapura dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam. Terdapat tiga tingkatan bangunan di Tirta Gangga yaitu , dibangunan tertinggi terdapat mata air yang berada di bawah pohon beringin. Bangunan level kedua terdapat kolam renang dan pada bangunan yang paling bawah terdapat kolam hias dengan air mancur. Kolam renang di objek ini di desain dengan gaya masa lalu/lampau. Pada saat kalian memasuki taman Tirta Gangga hal pertama yang kalian lihat adalah hamparan kolam ikan yang dimana di tengah kolam terdapat patung prajurit yang memegang gada dan juga terdapat tempat untuk berjalan diatas kolam tersebut. Terdapat juga Menara air yang terlihat seperti kuncup bunga teratai ditengah taman kecil yang berbentuk bundar dikelilingi patung – patung prajurit yang memegang gada. Air di taman ini sangat jernih dan sejuk karena kolam ini berasal dari mata air bukan dari air olahan. Mata air Tirta Gangga dianggap oleh masyarakat sebagai air suci,digunakan dalam upacara keagamaan di daerah sekitar taman.

Baca juga pilihan paket tour di Bali

Cara Menuju Tirta Gangga

Jika kalian belum pernah mengunjungi kawasan wisata Bali timur kami sarankan anda untuk menggunakan jasa sewa mobil di Bali yang terpercaya sehingga perjalanan anda menjadi lebih nyaman.

Saran Saat mengunjungi Taman Air Tirta Gangga

Jika anda mengunjungi Tirta Gangga anda wajib banget mencoba berenang di kolam renang yang terdapat pada bangunan level kedua,karena airnya sangat sejuk dan bening. Rasanya berbeda dengan berenang di kolam buatan manusia.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha

Tag :  
air mancur di bali