Bali resmi menerima kembali kunjungan wisatawan domestik, mulai 31 Juli 2020, setelah sebelumnya menutup pariwisata karena Covid-19. Namun bagi siapa saja yang hendak pergi ke Bali wajib membawa beberapa persyaratan dokumen. Hal ini dalam rangka memasuki era adaptasi kebiasaan baru. Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 15243 Tahun 2020 tentang persyaratan wisatawan domestik berkunjung ke Bali, terdapat ketentuan kunjungan wisata selama masa pandemi.

Berikut beberapa syarat berwisata ke Bali di era adaptasi baru:

Menunjukkan hasil swab atau rapid test

hasil swab

Wisatawan harus memiliki hasil uji swab berbasis PCR atau minimal rapid test non reaktif, sebelum berkunjung ke Bali. Adapun hasil tes Covid-19 tersebut wajib ditunjukkan kepada petugas di pintu masuk Provinsi Bali seperti bandara maupun pelabuhan. Hasil uji Covid-19 tersebut juga memiliki masa berlaku paling lama 14 hari sejak hasil tersebut dikeluarkan. Bagi wisatawan yang tidak dapat menunjukkan hasil uji Covid-19 baik rapid test maupun swab test, wajib mengikuti test tersebut ketika sampai di Bali.

Membawa identitas diri dan form lapor diri

e ktp

Masyarakat atau wisatawan domestik yang ingin masuk wilayah Bali juga diwajibkan menunjukkan identitas diri seperti KTP atau lainnya. Selain itu, wisatawan juga harus mengisi form lapor diri yang sudah di sediakan oleh pihak bandara maupun di pelabuhan

Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi

peduli lindungi

Syarat lainnya adalah mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi di smartphone masing-masing. Aplikasi ini berguna membantu melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran COVID-19. Selain itu, salah satu fitur aplikasi ini adalah memberikan notifikasi jika kamu berada di keramaian atau berada di zona merah. Artinya di area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Wajib patuhi protokol kesehatan untuk mencegah virus Covid-19

social distancing

Sama seperti di wilayah lainnya, wisatawan yang datang ke Bali juga diwajibkan mematuhi seluruh protokol pencegahan COVID-19. Di antaranya mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak, serta aturan lain yang diberlakukan. Itulah beberapa syarat dan tips liburan ke Bali saat new normal atau normal baru. Patuhi segala aturannya ya, dan stay safe di mana pun berada.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha