Pura Tegeh Koripan terletak di Gunung Penulisan, Kintamani. Pura tersebut juga dinamakan Pura Sukawan karena pangempon pura tersebut adalah masyarakat desa Sukawana. Pura Tegeh Koripan terdiri dari Pura Ratu Dehe Tua yang terletak di bagian barat pada teras keenam, dan Pura Panarajon yang terletak di puncak pada teras kesebelas. Dalam prasasti yang diduga berasal dari abad ke- 9, Pura Tegeh Koripan dinamakan Hyang Bukit Tunggal.

Berdasarkan data prasasti yang berasal dari abad ke- 9 dan peninggalan-peninggalan purbakala yang terdapat di pura Tegeh Koripan yang berasal dari abad ke- 11 dan ke- 14, maka dapat diduga bahwa Pura Tegeh Koripan merupakan salah satu pura penting pada masa tersebut. Tampaknya Pura Penataran Sasih sebagai Pura Kerajaan yang terletak di pusat Ibu Kota.

Di Pura Tegeh Koripan banyak sekali didapati peninggalan purbakala. Di antara peninggalan-peninggalan tersebut yang terpenting adalah: Arca Dua Sejoli. Arca Dua Sejoli ini terletak pada bagian timur laut dari sebuah pelinggih. Pada bagian belakang sandaran arca ini terdapat prasasti yang bertahun 933 Saka atau 1011 Masehi. Berdasarkan angka tahun prasasti tersebut, diduga arca dua sejoli itu adalah perwujudan dari raja suami isteri Udyana dan Gunapriya Dharmpatni.

 


    FORM PEMESANAN


    Nama

    Telepon

    E-mail

    Pesan Anda

    Masukan Kode ini : captcha

    Tag :  
    gambar pura