Pura Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang terletak di Desa Adat Purwa Ayung, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Pura Penataran Agung Lempuyang berada di kaki Bukit Bangle, untuk sampai ke pura ini telebih dahulu harus menaiki tangga. Dari pura ini kita bisa melihat pemandangan yang begitu indahnya dari kejauhan. Pura penataran Agung lempuyang merupakan Pura Sad Kayangan. Pura ini terbagi atas dua tingkat, di tingkat pertama terdapat bale  wantilan, sedangkan pada tingkat kedua terdapat atau bagian utama pura terdapat pelinggih Manjangan Saluang, pelinggih Limas Sari, pelinggih Catu, di bagian tengah terdapat Padmasana, Padma Ngelayang, pelinngih Gedong dan Padma Kembar. Bagian timur terdapat pelinggih Gedong Sari, pelinggih Betel, pelinggih Ratu Ngurah, dua pelinggih Gegitan, pelinggih Gedong Miyasa dan Bale Puwedangan.

Upacara yang sering diadakan di pura ini  adalah upacara Puja Wali Manis Galungan. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat pura ini sambil menikmati pemadangan alam disekitarnya. Sampai saat ini awal mula pembangunan pura ini belum diketahui dengan pasti, namun pemugaran pura ini dilakukan pada tahun 2001 guna untuk tetap menjaga dan melestarikan bangunan pura.

Masyarakat sekitar pura pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, ini bisa terlihat saat berada dilokasi. Fasilitas yang terdapat di sekitar pura ini antara lain: warung makanan dan minuman, toilet dan area parkir yang cukup memadai.Jarak tempuh yang diperlukan untuk tiba di pura ini memakan waktu kira-kira 95 menit  perjalanan dengan jarak tempuh lebih kurang 75 km dari Kota Denpasar.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha