Pura Kehen terletak di kaki bagian selatan Bukit Bangli, di lingkungan Pakuwon daerah pemukiman penduduk yang merupakan wilayah kota Bangli, sekitar 45 Km dari kota Denpasar.

Di depan Pura Kehen terdapat terdapat pura Penyimpenan dan di dalam pura itulah disimpan 3 buah prasasti yang isinya terkait dengan keberadaan pura Kehen tersebut. Menurut DR.R. Goris, ketiga buah prasasti itu adalah prasasti pura kehen A, sebuah prasasti tipr Yumu Pakatahu dari abad ke 9, prasasti pura Kehen B tahun Saka 971 dikeluarkan oleh Anak Wungsu dan Prasasti tahun Saka 1126 di keluarkan oleh raja Sri Andikuntiketana.

Pada abad ke 9, berdasarkan prasasti pura kehen A, Pura Kehen disebut dengan nama ” Hyang Api”. Pada masa berikutnya, yaitu pada abad ke 13, berdasarkan prasasti yang dikeluarkan oleh raja Sri Adikuntiketana nama pura Kehen adalah ” Hyang Kehen”. Hyang Kehen dan Hyang Api memiliki pengertian yang identik karena kata ” Kehen” berasal dari kata ” Keren ” yaitu tempat api yang disebut Anglo atau tenpat api untuk bersaji tempat api Homa. kata keren itulah yang berubah menjadi kehen, sehingga hyang kehen sama pengertiannya dengan apa yang disebut pura kehen.

PETA PURA KEHEN :


Lihat Tanpa judul di peta yang lebih besar


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha

Tag :  
gambar tempat wisata