Pernakah kalian medengar kata festival? Mungkin kalian sudah tidak asing dengan kata yang satu ini. Fesival berasal dari kata Latin “festum” yang dalam Bahasa Indonesia diartikan “pesta besar” dimana ada suasana riang gembira, festival biasanya diadakan untuk memperingati suatu peristiwa yang diadakan secara berkelanjutan. Bagi masyarakat Indonesia festival merupakan acara yang mereka tunggu-tunggu, karena dari festival ini mereka bisa menujukan bakat-bakat yang mereka miliki kepada orang-orang yang hadir dalam festival, tidak hanya itu bagi sebagian masyarakat yang memiliki pekerjaan berdagang, festival merupakan sesuatu yang mereka sangat tunggu-tunggu karena mereka bisa mengais pundi-pundi rupiah disini, seperti yang kita tahu festival atau acara-acara masyarakat lainnya tak pernah telepas dari yang namanya jajanan dan minuman, jadi disinilah kesempatan mereka untuk ikut berpartisipasi. Acara ini juga dimanfaatkan oleh keluarga-keluarga karena di acara ini mereka bisa berkumpul bersama keluarga mereka sambil menyaksikan acara-acara yang menarik. Di Indonesia khususnya di Bali memiliki banyak festival yang diadakan silih berganti setiap tahunnya. Salah satunya adalah Pesta Kesenian Bali. Sudah pernahkan kalian mengunjungi Pesta Kesenian Bali? Jika belum mari kita simak bersama tentang Pesta Kesenian Bali di Wikipedia atau bisa cari referensi di Google, Yahoo atau Bing

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali atau yang lebih akrab dikenal oleh masyarakat lokal dengan sebutan PKB adalah suatu acara rutin yang diadakan di Bali. Acara ini dilakukan satu tahun sekali pada bulan Juni-Juli tepatnya saat siswa-siswi sedang libur semester. Acara Pesta Kesenian Bali ini merupakan festival kesenian yang bisa dikatakan besar karena Pesta Kesenian ini sudah menjadi agenda rutin dari Pemerintah Provinsi Bali. Pesta Kesenian Bali pertama kali diperkenalkan pada tahun 1979 dan yang memiliki ide atas penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ini adalah Alm. Ida Bagus Mantra. Beliaulah yang  memperkenalkan festival ini  pada saat Beliau menjabat Sebagai Gubernur Bali.  Pesta Kesenian Bali perdana ini diadakan selama dua bulan mulai dari tanggal 20 Juni 1979 sampai 23 Agustus 1979. Namun saat ini PKB diadakan hanya selama satu bulan.  Pesta Kesenian ini dibuat sebagai wadah untuk menampung hasil karya cipta dan seni para seniman Bali. Setiap tahun Pesta Kesenian ini telah memberi warna tersendiri terhadap penikmat-penikmat seni yang hadir. Dengan mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Bali berharap para pelaku seni yang ada di Bali selalu berinovasi dan selalu memberikan kreatifitas-kreatifitas terbaik yang mereka miliki. Disamping itu para generasi Bali juga dapat ikut berpartisipasi sebagai bagian dari pesta rakyat kebanggaan Bali ini, dengan kegiatan seperti ini diharapkan generasi muda penerus Bali akan selalu ingat dengan budaya yang mereka miliki, sehingga mereka akan termotivasi untuk terus mengembangkan serta melestarika budaya dari nenek moyang ini.

PKB Juni 2015Rangkaian Pesta Kesenian Bali biasanya dibuka dengan acara yang sangat meriah. Pada pembukaan festival tahunan ini biasanya menampilkan pawai kesenian dari 9 Kabupaten dan Kota yang ada di Bali. Jadi semua daerah memiliki andil tersendiri untuk berpartisipasi memeriahkan festival ini. Tidak hanya menyusung pawai dari daerah di Bali, namun Bali sering mengundang daerah sekitarnya untuk ikut serta dalam memeriahkan pembukaan festival besar ini. Seperti tahun 2014 lalu bali mengundang NTT sebagai tamu kehormatan untuk ikut mengisi pawai ini. Dalam pawai ini mereka menampilkan pakaian adat daerah, tari-tarian, gambelan dan kesenian lainnya. Pawai ini dari tahun ke tahun biasanya dilakukan di seputaran Monumen  Bajra  Sandhi Denpasar dan pembukaan dari fetival Kesenian Bali ini akan di buka oleh Presiden atau Wakil Presiden. Setiap tahun Pesta Kesenian Bali selalu memiliki tema-tema yang berbeda-beda dan yang memiliki arti tersendiri.

Pesta Rakyat Bali
Selanjutnya acara-acara demi acara dilangsukan di Taman Budaya Ardha Candra Denpasar atau lebih popular dengan nama Art Center. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan, kerajinan rumah tangga, pameran industri kecil yang diikuti oleh banyak peserta. Dalam acara yang berlangsung selama sebulan ini kita dapat menyaksikan teater Bali modern, festival kuliner yang banyak menyajikan makanan lokal khas daerah maupun makanan ringan, adapula pertunjukan musik, serta tari-tarian kontenporer yang sangat mengagumkan. Adapun lomba-lomba yang selalu diadakan oleh Pesta Kesenian ini seperti lomba menulis sastra, kerajinan tangan, lukisan dan kompetisi lainnya. Tidak hanya itu PKB juga diisi dengan banyak acara parade seperti, Parade Kuliner, Parade Fashion, Parade Nglawang, Dramatari, Parade Gong Kebyar, Joged Bumbung dan lain-lainnya. Semua sudut tempat di Art Center ini akan dipenuhi oleh sorak riang penonton karena acara ini tidak hanya terfokus pada satu titik, melainkan di semua sisi, jadi bisa kalian bayangkan betapa meriahnya acara ini? Walaupun acara Pesta Kesenian ini dilakukan rutin setiap tahun, namun acara ini tidak pernah sepi pengunjung. Ini membuktikan acara ini selalu menyuguhkan hal-hal baru yang membuat para pengunjung tidak pernah bosan untuk menyaksikannya. Jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi Pesta Kesenian Bali yang ke 37 ya pada Juni 2015 ini.

Tag :  
ada yang tahu tanggal penutupan pesta kesenian bali 2019