NUSA PENIDA

kelingking beach

Pulau Nusa Penida adalah salah satu dari 3 pulau yang berada tepat di sebelah tenggara Bali. Nusa Penida adalah yang paling besar dari ketiganya, yang lain yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Dengan naik boat sekitar 45 menit dari Pelabuhan Sanur kami akan membawa anda pada penyelaman terbaik di Bali , atau bahkan di dunia. Nikmati kejernihan airnya dan keindahan batu karang di Crystal Bay. Menyelam dengan ikan pari Manta raksasa, santai dan menikmati penyelaman bersama arus yang menarik di sebelah utara pulau, misalnya di Sakenan dan SD.

Nusa Penida memiliki situs selam bervariasi  untuk penyelam berpengalaman, kami yakin anda ingin kembali lagi dan lagi. Jangan lupa musim Mola Mola di bulan Juli sampai Oktober tapi pari Manta dapat dilihat sepanjang tahun.

MANTA POINT

manta 2

Siaplah terkagum -kagum saat anda menyaksikan ikan manta raksasa berenang di sekitar cleaning station di Manta Point. Jaga jarak dan makhluk penasaran ini akan tetap mengelilingi anda, membuat anda terkagum – kagum dengan ukuran dan keindahannya.

 Manta Point terletak di sudut barat daya Nusa Penida dan situs menyelam terjauh di Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur ,memakan waktu sekitar 60 menit. Sebuah perjalanan yang setimpal dengan yang dicapai , karena garis pantai Nusa Penida masih asli ,asri  dan benar – benar cantik

Ikan pari Manta benar- benar makhluk luarbiasa yang tinggal di Bali sepanjang tahun, maka kapan saja anda menyelam akan ada kesempatan besar melihat mereka. Beberapa macam dari Manta disini memiliki rentang sayap lebih dari 3 meter dan semuanya memiliki motif unik  terdiri dari warna hitam, abu- abu, putih  di bagian bawah yang membuat identifikasi semakin mudah.

Spot Diving di Manta Point Nusa Penida

ikan pari raksasa

Spot diving ini disarankan bagi Anda yang sudah mahir dan berpengalaman dalam menyelam. Sebab, kedalaman Manta Point yang berkisar antara 7 hingga 20 meter. Tour murah ke Nusa Penida kurang mantap jika tidak diabadikan. Oleh karena itu, selalu membekali diri dengan kamera untuk mengabadikan momen liburan yang indah ini. Tapi, kalau ingin berfoto dengan ikan pari agak sedikit susah karena mereka sangat peka dan akan menyingkir jika banyak penyelam datang.

Cara terbaik untuk berfoto dengan ikan Pari Manta ini dengan datang ke pos pembersihan. Disana, Anda kan menemukan barbagai macam ikan pari yang mengitarinya. Di batuan besar yang mempunyai diameter 5-10 meter inilah ikan para Besar bermain-main. Waktu terbaik untuk diving di Manta Point ini pada saat musim kemarau

 

MUSIM KAWIN MANTA

manta kawin

Salah satu hasil pengamatan, terjadi manta mating train (kereta perkawinan manta), seekor manta betina paling depan, diikuti beberapa ekor manta jantan yang tertarik. Apabila sudah memasuki musim kawin (bulan april), seekor betina biasanya berenang di sekitar cleaning station yang disukai, dan disana telah menunggu beberapa ekor jantan yang mengikuti betina dari belakang, berlomba-lomba untuk mendapatkan tempatpaling dekat dengan betina dan mencari peluang untuk       kawin,dan inilah yang oleh para pengamat manta disebut sebagai manta mating train,karena manta-manta ini terlihat berenang dengan berbaris seperti kereta.       

Para turis diminta tak memegang ikan walau sedekat apapun. Itu akan membuatnya tak nyaman terlebih jika sedang musim kawin dan akan pergi ke kawasan lain. Dan ini tentu saja meresahkan industri pariwisata karena manta liar jauh lebih bernilai ekonomi dibanding ditangkap untuk pangan.

Tag :  
ikan pari kawin,musim ikan pari,pari kawin