Museum Rudana

Museum Rudana berada di Jalan Cok Rai Pundak No.44, Desa Peliatan, ubud, Kabupaten Gianyar Bali. Museum Rudana ini merupakan tempat bagi kritikus seni, kolektor dan pencinta seni dimana mereka sangat mengerti dan menghargai apa itu seni, tempat wisata museum di Bali . Koleksi lukisan dan benda seni yang ada di Museum Rudana ini dikumpulkan oleh Nyoman Rudana dan Ni Wayan Olasthini yang berasal dari seniman Bali, luar Bali dan luar negeri, Museum Rudana mencoba menyuguhkan bentuk-bentuk seni rupa yang tidak hanya aktraktif, namun juga memiliki nilai yang penting untuk perkembangan seni baik di Bali maupun di Indonesia.  Di Museum Rudana dipamerkan berbagai lukisan terbaik yang dibuat oleh Sriehadi Soedarson , Affandi, Gusti Nyoman Lempad, Arie Smit, Nyoman Gunarsa dan lain-lain.

Museum Rudana dibangun diarea seluas 500 meter persegi dengan bentuk bangunan yang bergayakonbinasi antara sentuhan modern dan tradisional  dengan dekorasi taman yang indah, sawah yang luas dan aneka pohon palem. Konsep pembuatan museum ini diambil dari filosofi Bali yaitu” Tri Angga (kaki, badan dan kepala) dan “Tri mandala” Halaman luar, halaman dalam dan halaman utaman.

Memasuki Museum pengunjung dapat menikmati lukisan klasik dan tradisonal Bali, dilantai pertama dan kedua dipajang lukisan hasil karya lukisan Indonesia modern juga seniman luar negeri. Di lantai tiga dipajang lukisan tradisional hasil karya seniman dari Ubud dan Batuan Bali. Museum ini akan memberi inspirasi dan energi seni kepada pengunjung atau wisatawan yang datang.   Museum Rudana diprakarsai oleh Nyoman Rudana sendiri, Museum ini didedikasikan khusus untuk para pecinta seni. Diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1995. Untuk memdukung Kenyamanan pengunjung terdapat fasilitas berupa Caffe shop, pendopo, galeri, toilet, serta area parkir yang luas.

Hamparan sawah yang luas serta banyaknya pengrajin kayu mengiringi perjalanan menuju museum ini menandakan sebagian besar masyarakat sekitar bermata pencaharian sebagai petani dan pengrajin, namun demikian ada juga yang bekerja menjadi pedagang dan karyawan diperusahaan-perusahaan yang ada didaerah tersebut. Untuk sampai ke Museum Rudana ini memerlukan Waktu kira-kira 35 menit atau kurang lebih 20 km dari Kota Denpasar.

Peta Museum Rudana :


Lihat Peta Lebih Besar


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha