Objek wisata yang satu ini wajib banget nih kalian kunjungi karena desa ini adalah termasuk desa yang terbersih di dunia. Nama desa ini adalah Desa Penglipuran,objek wisata ini menampilkan rumah-rumah tradisional Bali yang saling berhadapan diantara ruas jalan dengan luas yang sama berbaris rapi antara rumah satu dengan yang lainnya,yang pasti akan membuat kalian tertarik untuk mengunjungi objek yang satu ini. Desa Penglipuran Bangli digunakan sebagai contoh pertama sebagai desa wisata di Indonesia oleh pemerintah daerah pada tahun 1995.

Lokasi Desa Penglipuran

Desa Penglipuran terletak di Kelurahan Kubu kabupaten Bangli,Bali.Kira-kira 45km dari Denpasar atau berjarak tempuh kurang lebih satu jam perjalanan,5km dari pusat Kota Bangli. Desa ini berada pada ketinggian 700meter diatas permukaan laut,sehingga udara di Desa Penglipuran tergolong dingin. Luas desa ini mencapai 112hektar are yang terdiri dari : 37ha hutan bamboo,49ha ladang,12ha perumahan penduduk.

Asal Nama Desa Penglipuran

Menurut penduduk setempat,kata Penglipuran diambil dari kata “Pengeling Pura” yang artinya tempat suci ditujukan untuk mengenang para leluhur. Masyarakat yang tinggal di desa ini sangat menjunjung tiggi amanat dari para leluhur mereka.

Baca Juga Paket Tour Ke Desa Panglipuran disini !

Apa Saja Yang Ada di Desa Penglipuran & Keunikan Desa Penglipuran

Saat kalian mengunjungi Desa Penglipuran kalian akan melihat rumah-rumah tradisdional Bali yang tersusun rapi,saling berhadapan dan memiliki tatanan rumah yang sama antara satu dengan yang lainnya,dengan kemiripan bentuk dari tiap-tiap rumah yang terlihat pada pintu gerbang rumah,atap rumah,dan dinding rumah menggunakan bambu,lebar pintu rumah hanya cukup untuk ukuran satu orang dewasa,dimasyarakat Bali pintu jenis ini disebut “Angkul-angkul”.Tidak hanya bentuk rumah yang sama masing-masing tata ruang rumah juga sama sedangkan cat tembok,pintu gerbang menggunakan cat berbahan dasar dari tanah liat. Kalian juga bisa mengunjungi hutan bambu yang berlokasi di belakang pura bagian paling atas. Hanya di Desa ini kita bisa menemukan rumah tradisional Bali,dengan suasanyanya yang sejuk membuat kalian betah berlama-lama mengunjungi tempat ini karena di setiap kanan kiri jalan ditanami rumput dan bunga membuat suasanya menjadi lebih asri Di desa ini tidak ada satupun sampah yang terlihat jadi tidak salah lagi kalua desa ini termasuk desa yang terbersih di dunia. Terkadang ada penduduk setempat berjualan jajanan tradisional Bali di dalam rumah mereka. Juga terdapat wantilan yang menjajakan lukisan. Keunikan yang lain di desa ini ialah tidak ada kendaraan yang melintas sepanjang kawasan Desa Penglipuran.

Baca Juga Paket Tour 3 hari 2 malam Plus Tiket pesawat 

Cara Menuju ke Desa Penglipuran

Desa ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum seperti mobil atau bus,desa ini memiliki akses kendaraan yang cukup baik. Atau cara termudah untuk mengunjungi Desa ini dengan menggunakan jasa rental mobil dan supir yang terpercaya sehingga dalam perjalanan kalian akan merasa lebih nyaman.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha

Tag :  
bali desa terbersih di dunia,desa terbersih,kampung terbersih di bali