Pantai Kusamba
, Barisan perahu dengan cadik ( outrigger ) berwarna – warni menghiasi pasir hatim dari desa atau perkampungan nelayan ini, yang berseberangan dengan Nusa Peninda, pulau di sebelah selatan pulau Bali yang hanya di huni oleh sekitar 40.000 orang penduduk.

Nama Kusamba sebenernya tak lepas dari sejarah perjuangan Bali melawan pasukan Belanda.Pada waktu perang melawan Belanda di Kusumba tanngal 23 – 24 Mei 1849 pejuang – pejuang kita yang gagah berani berhasil membuat kader serdadu Belanda dengan terbunuhnya orang penting dalam pasukan mereka pada waktu itu, yaiutu Let. Jen .Michiel.

Di samping melaut dan memelihara bibit udang, nelayan dua kali sehari menghantarkan beras, kacang-kacangan, buah-buahan, bagi nusa Penida, pulau tandus di sebrang Bali. Bahkan pasir serta kerikilpun diangkut dalam karung-karung untuk di sebrangkan ke pulau di sbrang Bali ini.Nelayan dari Kusumba dengan perahu besarnya dengan kru lima orang dapat mengantarkan sampai berat 1,5 ton kargo ke Nusa Penida. Di samping itu penyebrangan juga dapa mencapai Nusa Lembongan, pulau kecil yang berdekatan dengan Nusa Penida. Mereka dapat menyebrang dari pantai Banjar Tri Buanan, Pantai Banjar Bias, Pantai Kampung Islam, dengan waktu tempuh antara 30 menit sampai 2 jam tergantung dengan jenis dan kecepatan sarana angkutan yang di gunakan, apakah dengan jukung berlayar atau jukung mesin.

Di samping itu, perahu ini dapat juga mengantarkan penumpang yang ingin menikmati terumbu karang serta pantai berpasir putih di pulau di sebrang Bali tersebut.

Pantai Segara di Kusumba terutama menarik dari segi kegiatan ritualnya. Di pantai ini sering dilakukan kegiatan nganyut dalam rangkaian upacara ngaben. Di samping itu, di sekitar pantai ini ada juga pasar ikan serta kegiatan pemindangan ikan. Wisatawan yang berkunjung di sini  kemungkinan dapat melihat aktivitas pasar ikan serta pemindangan ini yanng biasanya berlangsung antara pukul 10pagi sampai pukul 4sore.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha

Tag :  
daftar tempat wisata di bali,pariwisata di bali