Kebun Raya di Bali

Kebun Raya Eka Karya Bedugul adalah salah satu objek wisata terkenal di Bali, tepatnya di Kabupaten Tabanan. Kebun Raya Eka Karya Bedugul terletak pada ketinggian 1.250-1.450 meter di atas permukaan laut. Itulah sebabnya mengapa iklim tropis yang panas di Bali tidak mencapai daerah ini. Sewaktu siang hari suhu dapat mencapai 17-25° C, dan ketika malah hari, suhu bisa turun mencapai 10-15° C. Yang menarik dari objek wisata Kebun Raya Eka Karya Bedugul ini yaitu keindahan alam pegunungan yang masih alami, tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu berkabut dan berhawa dingin. Cuaca di daerah ini tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, selalu melengkapi diri dengan beberapa payung, pakaian hangat, dan jas hujan. Disekitar objek wisata ini terdapat objek wisata yang sangat terkenal yaitu Danau Beratan.

Suasana Kebun Raya yang nyaman dan sejuk membuat para pengunjung sangat betah berada di dalammnya. Ditambah di sekitar lahan perkebunan ini terdapat tanaman buah strawberry yang memang habitatnya hidup di daerah sejuk dan perbukitan membuat keeksotisan dan keindahan lingkungan Kebun Raya serasa berat untuk ditinggalkan. Pengunjung pun tak hanya dibolehkan untuk hanya melihat saja, namun juga strawberry tersebut banyak dijajakan oleh para pedagang di pintu masuk. Jangan khawatir karena harganya pun terjangkau.

Ketika pengunjung memasuki areal Kebun Raya yang luasnya lebih kurang 154 hektar, mereka akan disajikan dengan warna-warni berbagai macam buah-buahan serta dominannya warna dedaunan yang hijau. Pengunjung pun jangan khawatir tak bisa menikmati keseluruhan areanya. Dari masing-masing area dihubungkan dengan jalan setapak yang bisa dilewati dengan pemandangan aneka macam tetumbuhan dan buah-buahan yang ada. Rasa capek pun mendadak sirna tergantikan oleh ketakjuban memandang salah satu suguhan “ajaib” alam semesta.

Berawal dari gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo sebagai direktur lembaga pusat penyelidikan alam yang menginginkan didirikannya cabang kebun raya di luar Jawa khususnya bali sebagai cagar alam bagi tumbuhan, maka pada tahun 15 juli 1959 Kebun Raya Eka Karya secara resmi didirikan. Nama Eka Karya berarti kebun raya pertama yang merupakan hasil kerja keras bangsa Indonesia setelah kemerdekaan.

Selain bisa berjalan-jalan, pengunjung pun bisa melakukan outbond. Kegiatan outbond bisa dilakukan oleh anak-anak untuk menumbuhkan kesadaran mereka terhadap alam sekitar, melatih kepercayaan diri, kerjasama, dan tidak cengeng. Outbond juga banyak dianjurkan untuk melatih kemandirian seorang anak. Selain outbond, pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi tanaman Kaktus yang biasanya hanya hidup dan tumbuh di tanah yang panas dan gersang.

Lokasi Kebun Raya ini berada di Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan atau sekitar 62 km jika ditempuh dari Kota Denpasar. Menuju ke Kebun Raya ini bisa dengan berbagai cara salah satunya dengan kendaraan bermotor (supaya lebih cepat). Untuk mencapai lokasi bisa ditempuh dengan waktu 1-1,5 jam saja dari Kota Denpasar.

PETA KEBUN RAYA BEDUGUL :


 


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha