Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Bagi anda yang merasa bosan dengan berwisata ke objek – objek alam seperti danau, gunung, pantai atau sebagainya, nah ini bisa jadi destinasi baru untuk anda. Bagi anda yang menggemari binatang cantik yang satu ini, pastinya anda akan meluangkan waktu untuk berkunjung. Siapa yang tidak mengagumi keindahan kupu – kupu? Kini, di Bali menyediakan tempat bagi anda untuk bermain besama binatang cantik yang satu ini. Bali memiliki keragaman flora dan fauna, seperti juga Taman Kupu-kupu atau Butterfly Park yang berada di Kabupaten Tabanan sekitar 5 km Utara Kota Tabanan jurusan Gunung Batukaru, tepatnya di Banjar Sendan, Wanasari. Binatang mungil kecil berpenampilan cantik ini memang sengaja ditangkar untuk melestarikan keberadaanya. Kupu-kupu merupakan serangga, tergolong dalam ordo Lepidoptera, atau serangga yang memiliki sayap bersisik. Warna-warna pada kupu-kupu kelihatan begitu cemerlang sehingga kelihatan begitu cantik dan indah dipandang mata, berbeda sekali dengan kaum sebangsanya yaitu sejenis ngengat yang juga tergolong ordo Lepidoptera warna bulunya begitu kusam, ciri-ciri fisik kedua serangga ini memang sangat kentara.

Kupu2 Cantik

Kupu2 Cantik

Untuk wisatawan lokal taman ini mungkin belum begitu familiar, karena media informasi kurang, seperti brosur-brosur yang berisi tentang taman ini ataupun tour guide dari travel agent kurang memasarkan tempat ini dan memasukkan dalam paket program tour yang dijual, sementara sekrang masih didominasi tamu asing yang berkunjung ke sini dibandingkan wisdom. Mengenal dan melestarikan berbagai kekayaan hayati seperti kupu-kupu yang memang coccok di alam tropis sangat penting untuk pengetahuan ilmiah, dan membuat kita kagum dengan keindahan yang ditunjukkan oleh ribuan penghuni kupu-kupu di sini. Bagi kita binatang ini sepertinya sudah umum dilihat, tapi beda situasinya setelah tiba di taman yang ditutupi dengan jaring berada diantara ribuan kupu-kupu cantik, itu sebabnya tempat wisata ini lebih didominasi oleh wisatawan asing daripada domestik, kekayaan hayati yang kita miliki ini memang indah dan patut dilestarikan, kalau berkunjung dalam perjalan tour ke taman sekitar jam 10 pagi, pada saat kupu-kupu menghisap sari bunga.

Taman Kupu-Kupu Bali

Taman Kupu-Kupu Bali

Dalam sejarahnya, taman ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan dikelola sendiri dari PT. Kupu-kupu Taman Lestari. Butterfly park ini sementara merupakan satu-satunya di Indonesia dan di klaim yang terbesar di Asia. Namun, pembangunan Taman Kupu Bali ini telah direncanakan sejak bulan Oktober 1993 pasca penyelenggaraan Konfrensi Kupu- kupu Se-Dunia (International Butterfly Confrence) yang diadakan pada tanggal 24 – 27 Agustus 1993 di Ujung Pandang. Pembangunan taman ini didasari dengan pemikiran bahwa sumberdaya hayati berupa kupu kupu yang sangat melimpah disayangkan apabila masyarakat Indonesia tidak mengenal dan melestarikannya. Dari area lokasinya, taman ini mempunyai luas total yaitu 1 Ha, dan dilengkapi dengan Netting area (Ruang jaring kupu-kupu) seluas 3700 m3.

Setiap hari dilepas ratusan ekor kupu-kupu yang beraneka warna. Jika dihitung per bulan, Taman Kupu-Kupu ini dapat melepaskan kupu-kupu minimum 3500 ekor, dan terdiri dari berjenis-jenis kupu-kupu dari seluruh Indonesia. Taman kupu-kupu satu-satunya di Nusantara ini berusaha mengembang biakkan sekaligus menangkar guna keperluan pengetahuan ilmiah maupun sebagai study pendidikan di masa mendatang.

salah satu yang terkenal menghuni taman ini adalah Kupu Kupu Sayap Burung Sorga (Omithoptera Paradisea).  Berkunjung ke sini, anda tidak hanya bisa menemukan kupu-kupu tetapi juga serangga, kalajengking, tarantula dan berbagai kumbang lainnya. Kupu – kupu juga memiliki beberapa fakta unik, yaitu :

Fakta Unik Kupu-Kupu         

Sebagai tambahan informasi, berikut ini adalah beberapa keunikan yang dimiliki kupu-kupu :

1. Bila suhu tubuhnya dibawah 30 derajat celcius, kupu-kupu tidak akan bisa terbang.

2. Mampu bermigrasi hingga ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika musim dingin dan kembali pada saat musim semi datang.

3. Ada beberapa kupu-kupu yang tidak pernah makan dikarenakan tidak memiliki mulut. Jenis kupu-kupu ini hanya bertahan hidup melalui energi yang didapatnya saat menjadi kepompong.

4. Ukurannya hanya berkisar dari seperdelapan inchi sampai dengan 12 inchi.

5. Kupu – kupu memiliki mulut yang panjang dan fungsinya untuk menghisap makanan, mulut ini dinamakan probosis.

6. Sayap pada kupu-kupu sebenarnya trasparan dan adanya perbedaan kecerahan pada lapisan sayapnya yang membuatnya lebih berwarna-warni.

7. Kupu-kupu merupakan serangga dengan metamorfosis sempurna. Perkembangan tubuhnya mulai dari menetas dari telur, berubah menjadi kepompong, hingga menjadi kupu-kupu setara dengan peningkatan ukuran sebesar 27.000 kali.

 Taman Kupu-kupu Juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti : Framing Butterfly (Bingkai isi Kupu-kupu) , Framing Beetle (Bingkai berisi kumbang), Gantungan kunci yang terbuat dari serangga, selipan pembatas buku, paper weight (penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu, dll. Jam buka dari jam 8.00 pagi S/d jam 5.00 sore. Segera ajaklah kerabat atau keluarga anda untuk berkunjung Ke taman Kupu-Kupu bali, selain dapat menikmati indahnya kupu – kupu kita juga akan mendapat pengetahuan mengenai binatang cantik ini.

Tag :  
taman kupu kupu tabanan,https://www wisata-bali com/harga-tiket-masuk-taman-kupu-kupu-di-tabananbali html/,taman kupu kupu bali,brosur paket wisata loc:ID,taman kupu2 tabanan bali