Pura Taman Ayun terletak di desa Mengwi, kecamatan mengwi, kabupaten Badung, sekitar 18 Km sebelah utara kota Denpasar.  Berdasarkan lontar Babad Mengwi, pura yang sekarang di sebut Pura Taman Ayun, dahulunya ketika baru selesei di sucikan pada tahun 1634M di namakan Pura Taman Ahyun. Kata ahyun dari akar kata “Hyun” yang berati keinginan, sehingga ahyun berati berkeinginan. Pura Taman Ahyun itulah berubah jadi kata Ayun.

Dalam lontar Dwijendra Tattwa,diuraikan bahwa danghyang Niratha dalam perjalanannya di Bali pernah melakukan yoga di suatu daerah pada sebuah mata air yang di kelilingi oleh pohon dan bunga yang sedang mekar dan di sebalah timurnya mengalir sebuah sungai. Daerah tersebut kemudian di namakan ” Taman Sari atau Pura Taman Wulakan”,sedangkan wilayah sekelilingnya di sebut ” Mangapuri “. Kata Mangapuri ini yang di perkirakan berubah menjadi “Manguii” dan sekarang menjadi “Mengwi”. Manga atau mango mungkin berasal dari kata “Mangu” yang berati “merenung” atau ” meditasi ” . Berdasarkan hal tersebut maka mangapuri berati ” tempat yang baik untuk melakukan yoga samadi”.

Harga Tiket masuk ke pura taman ayun cuman Rp. 1o.ooo/orang, cukup murah. Pura taman ayun sangat layak untuk di kunjungi apalag dunia menetapkan, pura ini sebagai salah satu obyek peninggalan dunia versi UNESCO, keren !. Silahkan kunjungi pura ini atau kalua mau di kombinasikan dengan tempat lain, silahkan hubungi kami di www.wisata-bali.com di ID LINE : @wisatabalisempurna (dengan @), Pin BB : 5EBFC494 dan E-mail : salamdaribali@yahoo.co.id

PETA PURA TAMAN AYUN :


Lihat Tanpa judul di peta yang lebih besar

paket keluarga ke bali2016

Paket wisata ke Bali