Danau Batur terletak di Kabupaten Bangli, Danau Batur adalah danau terbesar di Bali, menempati dasar Kaldera di sebelah timur dan tenggara Gunung Batur yang menyerupai bentuk bulan sabit, panjangnya kurang lebih 7,5 Km, lebar kurang lebih 2,5 Km, keliling 22 Km, luas 16 Km dan tinggi muka air danaunya 1031 m di atas permukaan laut dengan kedalaman airnya diperkirakan mencapai 70 meter dan mengandung air sebanyak 815,38 juta meter kubik.

Desa-desa yang terletak di pinggir Danau Batur pada era sekarang Desa Songan, Trunyan, Abang, Buahan dan Kedisan. Masyarakat umat Hindhu memfungsikan Gunung dan Danau Batur sebagai suatu tempat suci, oleh karena dalam sastra-sastra agama seperti dalam Usana Bali, Raja Purana Ulundanu Batur dan Padma Buana, Gunung dan Danau Batur itu dinyatakan sebagai “Linggih atau Sthana dari Betari Dewi Danuh atau Betari Ulun Danu” sebagai manifestasinya dari pada Dewa Wisnu sebagai saktinya, serta lazim pula dalam lontar-lontar dinamakan Sang Hyang Girinata dan Sang Hyang Giriputri.

Danau Batur merupakan sumber air bagi sebagian masyarakat Bali Selatan. Oleh karena perannya yang penting ini maka di Danau Batur sering dilakukan keagamaan, misalnya pekelem untuk memohon kemakmuran terutama terkait dengan kegiatan pertanian. Danau Batur bisa dijangkau dari Denpasar dalam waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

PETA DANAU BATUR :


Lihat Peta Lebih Besar


    FORM PEMESANAN


    Nama

    Telepon

    E-mail

    Pesan Anda

    Masukan Kode ini : captcha

    Tag :  
    danau batur