Tempat wisata di Bali

Candi Tebing Jukut Paku yang terletak di Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Candi ini berada di dekat aliran Sungai Pakerisan yang legendaris. Candi ini adalah salah satu peninggalan purbakala yang dilindungi oleh UU No.11 tahun 2010 oleh Dinas Pelestarian Peninggalan Purbakala Bali. Letak Candi ini berada dilereng tebing yang curam. Bila ingin mengunjungi candi ini terlebih dahulu menuruni anak tangga yang berjumlah 68 anak tangga sampai dilokasi pada tepi dinding tebing terdapat dua buah ceruk yang di pahat rapi sebagai tempat pertapaan. Pada bagian tengah terdapat pahatan menyerupai bentuk candi. Di bagian samping ceruk terdapat sumber mata air yang mengalir jernih tidak habis-habisnya.

Candi Tebing Jukut Paku diperkirakan dibuat pada abad XI masehi pada masa Kerajaan Anak Wungsu. Hal ini dikarenakan bentuk candi ini sama dengan bentuk candi yang terdapat di Tampaksiring. Penduduk sekitar Candi Tebing Jukut Paku ini sebagaian besar bermata pencaharian sebagai petani ini terlihat jelas saat anda berada lokasi. .    

Saat ini fasilitas yang terdapat disekitar lokasi antara lain: warung yang menjual makanan dan minuman dan area parkir. Jarak tempuh yang diperlukan untuk bisa sampai di lokasi Candi Tebing Jukut Paku ini kira-kira waktu kurang lebih 30 menit perjalanan dari Kota Denpasar.


FORM PEMESANAN


Nama

Telepon

E-mail

Pesan Anda

Masukan Kode ini : captcha